Tantangan 10 Hari Meningkatkan Kecerdasan Anak – Hari Ketujuh

  • CevherShare

Tubuh kita adalah salah satu ciptaan Allah. Nara dan Kyna kembali diingatkan soal itu melalui buku yang saya bacakan untuk mereka malam sebelumnya.

Keesokan sorenya, saya mengajak mereka menempel apa saja yang ada di wajah kita. Nara dan Kyna sudah tahu ada apa saja di wajah mereka, di mana letaknya, dan berapa jumlahnya. Paling tidak begitu yang saya yakini. Karena beginilah hasil karya mereka:

GL 3 D7 - 071118

Saya tidak menyangka hasilnya akan “sekacau” ini, mengingat mereka dengan cepat bisa menyebutkan bagian tubuh mana di sebelah mana jika ditanya. Nara bahkan sempat berkomentar saat saya membuat hidung lebih dari satu buah, “Kok hidungnya dua Ma?” Ujarnya. Dia juga menegaskan kalau hidung kita itu hanya satu saat saya menggodanya dengan mengatakan, “Mungkin hidung kita memang dua ya, Kak?”

Ternyata, saat diaplikasikan pada kegiatan menempel, semua yang saya buat ditempel olehnya dengan posisi yang tidak beraturan. Nara masih cukup tepat meletakkan hidung, walau terbalik. Telinga juga berada di tempat yang tepat. Namun ada hidung dan telinga lain serta mata di tempat-tempat yang tidak seharusnya 😂

Kyna malah lebih banyak menempel di luar wajah. Keduanya tampaknya tidak ingin menyisakan gambar anggota tubuh yang telah saya sediakan.

Selaku fasilitator, saya hanya mengobservasi dan sesekali membantu mengeluarkan lem saat diperlukan, terutama untuk Kyna. Sisanya mereka menentukan sendiri apa dan di mana hendak menempel.

Saya percaya, seiring pikiran mereka yang terus berkembang, mereka akan bisa menempelkan semuanya dengan tepat. Kegiatan menempel ini pun baik untuk melatih motorik halus dan kesabaran.

Satu hal yang perlu mereka ingat. Allah swt. lah yang telah menciptakan dan meletakkan anggota tubuh mereka dengan tepat dan sempurna, berfungsi baik, di posisi yang terbaik.

Click to Share

Leave a Reply