[Gemari Madya] Task 5 – Menata Waktu

  • CevherShare

Setelah Task 3 tentang Menata Potensi Diri, saya kembali mengerjakan Task 5 di blog ini. Bukan karena tidak ada Task 4, tapi karena tugasnya berupa form yang harus diisi, jadi tidak ada laporannya di sini. Sebagai catatan, materi dan task 4 adalah tentang Menata Kata alias cara berkomunikasi.

Kita langsung masuk ke Task 5 ya. Terus terang ini tuh perjuangan sejak dahulu kala. Kayanya juga masalah banyak orang yaa.. Bagaimana mengelola waktu dengan baik hingga bisa sehat lahir batin dan produktif. Ini juga penting dalam menunjang penerapan semua materi sebelumnya. Karena tanpanya, semua hanya akan jadi rencana indah di atas kertas (harfiah maupun digital). Sepeti yang saya alami saat ini 😆

Ya, terus terang, rencana dalam tugas-tugas sebelumnya itu belum mampu saya lakukan dengan konsisten 😢

Baiklah, kita lanjut ke Task 5.

1. 5 Kegiatan harian yang menyita waktu paling banyak:

    a. Berselancar di dunia maya

Dengan segala media sosial, grup chat, dan marketplace, rasanya “kesibukan” jadi nggak ada habisnya. Sayangnya tidak semua menghasilkan sesuatu. Ada hal penting yang memang membutuhkan penggunaan internet, namun hal penting itu pun seringkali terbengkalai, molor waktu pengerjaaannya, atau tidak maksimal karena teralih hal-hal lain yang lebih bersifat hiburan.

    b. Melipat pakaian

Ya, saya tim melipat pakaian. Pakaian yang digosok hanya pakaian kerja suami atau pakaian pesta, berpergian dan beberapa pakaian yang bahannya terlihat terlalu kusut kalau tidak disetrika. Namun, karena saya juga tim menunda, seringnya baju yang belum dilipat menumpuk sehingga cukup memakan waktu dalam melipat dan memasukkannya ke dalam lemari. Kebiasaan untuk langsung melipat begitu pakaian diangkat dari jemuran hanya bertahan sebentar-sebentar untuk kemudian kembali seperti semula.

    c. Memasak

Karena saya masih pemula dalam bidang ini, saya membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menghasilkan makanan yang layak untuk keluarga saya. Mulai dari menyiapkan bahan dan peralatannya, mengolahnya sebelum mulai dimasak, hingga jadi sebuah masakan yang sehat dan bergizi. Seringnya, untuk menghemat waktu, saya jadi masak seadanya. Kurang ideal khususnya untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, juga untuk pola makan sehat yang saya ingin terapkan.

    d. Jualan online

Tadinya saya menganggap ini termasuk dalam kegiatan nomor 1. Tapi setelah saya pikir-pikir, ini bisa jadi terpisah, karena ini lebih seperti pekerjaan saya. Kegiatan ini mencakup membuat konten, memberikan info produk, menerima dan membuat pesanan, melayani pelanggan, mempelajari produk baru, dan sebagainya.

    e. Bermain bersama anak

Sebagian besar hari saya, sesungguhnya saya habiskan bersama anak-anak. Kegiatan selainnya pun dilakukan sambil membersamai mereka, yang tentu tidak selalu efektif, karena anak-anak tahu jika mereka diabaikan terlalu lama, misalnya saat saya terlalu banyak fokus pada hp, hingga mereka mulai berulah untuk menarik perhatian saya. Saya berusaha membuat kegiatan yang bermanfaat untuk mereka, apalagi karena saya berusaha membatasi menonton tv atau hp. Membacakan buku minimal saya lakukan jika sedang tidak ada ide kegiatan tertentu.

Sulit menentukan waktu yang dihabiskan untuk tiap kegiatan, karena mereka seringnya saling bercampur 🙈

2. Masukkan daftar micro habit challenge dari Task 1-3

    Task 1:

1. Pergi dan bangun tidur sesuai jadwal
2. Shalat tepat waktu
3. Menulis jurnal

    Task 2:

a. Food & Nutrition
1. Minum air putih +/- 2 liter/hari
2. Minum jeruk nipis peras dan makan buah setiap pagi.

b. Fitness & Excercise
1. Jalan pagi saat weekend
2. Menari/bergerak bebas bersama anak-anak

c. Relaxation & Sress Management
1. Shalat tahajud
2. Membuat jurnal syukur

    Task 3:

1. Menulis jurnal
2. Membaca buku minimal 20 halaman/hari
3. Membuat review buku di blog saat selesai membaca buku.
4. Update di medsos minimal 1 post per hari.

3. Gunakan pola manajemen yang dipilih (time management, task management, atau kombinasi keduanya) untuk mengelola kedua daftar di nomor 1 dan 2.
Saya mencoba menggunakan beberapa aplikasi di hp untuk membangun kebiasaan baru dan mengelola tugas-tugas saya. Saya sepertinya emnggunakan kombinasi antara manajemen waktu dan tugas, karena saya membuat daftar apa saja yang ingin dikerjakan setiap hari namun juga jadwal untuk rutinitas yang perlu diselesaikan per harinya.

Berikut beberapa aplikasi yang telah saya install.

19-04-09-22-51-09-651_deco

Semua kebiasaan yang ingin saya bangun dari Task 1-Task 3 di atas sudah saya masukkan.

PR selanjutnya adalah menyusun pengaturan agar semua kebiasaan berikut kegiatan rutin, termasuk yang menyita paling banyak waktu di poin nomor 1 agar bisa terlaksana dengan lebih efektif dan efisien.

Daripada menyusun jadwal yang detail per jam, saya sepertinya akan mencoba membuat kandang/kelompok waktu dan memasukkan beberapa prioritas dalam tiap kelompok tersebut.

Seperti ini kelompok waktu yang akhirnya saya buat:
1. Morning Starter – 04.00-07.00 WIB
>> Ibadah: Shalat Tahajud, shalat Subuh, baca al-Qur’an.
>> Rumah Tangga: Mencuci dan menjemur pakaian, menyiapkan sarapan.
>> Bisnis Online: Membuat konten untuk sehari.
>> Habits: Minum Jeniper, makan buah, minum segelas air putih.

2. Enthusiastic First Half – 07.00-12.00 WIB
>> Ibadah: Shalat Dhuha
>> Rumah Tangga: Melipat pakaian, memasak makan siang
>> Bersama Anak: Sarapan, membacakan buku, journaling, main, jalan pagi (weekend)
>> Bisnis Online: Posting tahap 1
>> Habits: Baca buku, minum 2 gelas air putih

3. Productive Second Half – 12.00-17.00 WIB
>> Ibadah: Shalat Zuhur, Shalat Asar.
>> Bersama Anak: Makan siang, tidur siang, mandi sore, main.
>> Bisnis Online: Posting tahap 2
>> Habits: Baca buku, menulis jurnal, mengerjakan tugas kelas online, menulis blog/posting di media sosial pribadi, minum 2 gelas air putih

4. Peaceful Night – 17.00-22.00 WIB
>> Ibadah: Shalat Magrib, Shalat Isya.
>> Rumah tangga: Masak makan malam (kalau berbeda dari siang), beres-beres.
>> Bersama Anak: Makan malam, sikat gigi, baca buku, cerita-cerita, tidur.
>> Bisnis Online: Posting tahap 3
>> Habits: Menulis jurnal syukur, minum segelas air putih.

Tentunya masih perlu penyesuaian-penyesuaian yang akan dibuat seiring dengan pelaksanaan jadwal di atas. Rasanya saya juga ingin membuat bentuk yang lebih cantik dan mudah dibaca nantinya. Tapi, saya merasa pembagian semacam ini memudahkan saya. Tertata tapi tidak terlalu terikat seperti jika diatur per jam.

Alhamdulillah. Semoga bisa dilaksanakan ya 😁

Click to Share

Leave a Reply