[Bunda Sayang] Materi 7: Semua Anak adalah Bintang

  • CevherShare

Setiap anak itu unik. Kita mungkin sudah sering mendengar kalimat tersebut. Tetapi, apakah kita sudah sungguh-sungguh memahami, meresapi, dan mengaplikasikannya dalam cara kita mengasuh anak-anak kita?

Sudahkah kita berhenti membandingkan anak-anak kita dengan anak lain dan mulai melihat perkembangannya berdasarkan perbandingan dengan dirinya di masa sebelumnya?

Sudahkah kita berusaha mengenali potensi dan kelebihannya lantas membantunya memaksimalkan kelebihan itu daripada berusaha membuatnya mengejar ketertinggalan dalam bidang-bidang yang sulit dia kuasai?

Sudahkah kita senantiasa berusaha memantaskan diri membimbing anak-anak kita dengan terus menambah ilmu, meyakini bahwa mereka versi terbaik ciptaan Allah tanpa kegagalan di dalamnya?

Sudahkah kita selalu membantu anak menemukan dirinya sehingga mudah menemukan kegiatan yang dia nikmati, hingga mudah baginya terus belajar dan berlatih meraih keunggulan dalam kegiatan tersebut dan pada akhirnya menghasilkan produktivitas serta karya yang diakui dan membawa manfaat bagi diri maupun sekitarnya?

Setiap anak adalah bintang. Mampukah kita sebagai orang tua membantunya bersinar terang sesuai warnanya sendiri ataukah meredupkan sinarnya dengan memaksanya menjadi seperti bintang lain, seakan-akan dirinya tidak cukup baik.

Materi 7 ini mengingatkan agar kita kembali mengenali anak-anak kita, menerima kekurangan dan berfokus pada kelebihan mereka, agar menjadi yang terbaik dari diri mereka tanpa dibandingkan dengan orang lain.

Semoga kemampuan mengobservasi, mengevaluasi, dan memfasilitasi anak ke arah tersebut bisa terasah dengan melaksanakan tantangan level 7-nya ya.

Click to Share

Leave a Reply