[Bunda Sayang] Materi 5: Menstimulasi Anak Suka Membaca

  • CevherShare

Tema materi kali ini sangat dekat di hati saya, karena seperti yang pernah saya bahas di post tentang pentingnya menumbuhkan minat baca pada anak atau keinginan saya agar anak-anak saya gila baca, saya sungguh percaya betapa besar manfaat membacakan buku sejak dini.

Saya juga sungguh prihatin melihat berbagai data yang menunjukkan rendahnya minat baca dan kemampuan literasi di negara kita. Salah satunya peringkat yang dibuat oleh Universitas Negeri Conneticut Pusat Amerika Serikat (CCSU). Dari 61 negara di dunia yang diteliti, salah satunya berdasarkan hasil tes kemampuan dasar (PISA) serta tes membaca (PIRLS), kemampuan literasi (kemampuan membaca dan memahami bacaan) Indonesia menempati peringkat ke-60. Hanya satu tingkat di atas Botswana :((

Masih banyak anggapan dalam masyarakat kita, bahwa buku hanya digunakan untuk belajar di sekolah. Karenanya, setelah masuk usia sekolah dasar anak baru terpapar oleh buku. Itupun semata buku pelajaran. Orang tua juga banyak yang masih terfokus pada bagaimana agar anak bisa cepat membaca. Padahal, yang lebih penting adalah bagaimana agar anak terbiasa kemudian suka membaca. Kemampuannya membaca, juga memahami bacaan, akan tumbuh seiring dengan seringnya anak menyimak apa yang dibacakan kepadanya.

Ini sejalan dengan tahapan keterampilan berbahasa yang dijelaskan dalam materi level 5 ini, yang perlu dilewati anak agar tidak sekadar bisa mengeja huruf, namun juga memahami apa yang dibaca, mencintai kegiatan membaca, mengambil anfaat yang maksimal darinya, menjadi pembelajar sepanjang hayat juga berkarya dari hasil pembelajarannya.

Click to Share

Leave a Reply