[Bunda Sayang] Game Level 9: Memicu Kreativitas Anak– Aliran Rasa

  • CevherShare

Tantangan kali ini terasa kurang maksimal dijalani. Tidak seperti level sebelumnya yang bisa dilakukan secara konsisten selama paling tidak 10 hari berturut-turut, kali ini laporan terpaksa dirapel di hari-hari terakhir tantangan.

Alhamdulillah, tetap ada manfaat yang didapatkan dari mengerjakan tantangan. Kemampuan mengamati yang lebih terasah juga keyakinan yang bertambah-tambah bahwa anak-anak sungguh terlahir kreatif, senang belajar, pandai meniru, memiliki berjuta ide yang kadang tidak terbayangkan oleh orang dewasa.

Saya semakin memahami bahwa pemicu kreativitas utama yang bisa diberikan oleh orang tua adalah kepercayaan. Untuk memberi anak-anak ruang bereksplorasi, berkarya, dan menemukan solusi. Membiarkan mereka memilih dan membuat keputusan. Merelakan mereka melakukan sesuatu dengan cara mereka, berbuat kesalahan lalu belajar darinya.

Saat diberi kesempatan, bukan saja anak-anak bisa menyalurkan kreativitasnya juga belajar melalui proses yang dilaluinya, tapi kita, selaku orang tuanya juga bisa banyak belajar dari anak-anak kita.

Click to Share

Leave a Reply