[Bunda Sayang] Game Level 7: Tantangan 10 Hari Semua Anak adalah Bintang – Hari Pertama

  • CevherShare

Salah satu kegiatan yang cukup sering diminta Nara untuk dia lakukan adalah menggunting.

Sejak pertama dikenalkan pada gunting, Nara sudah bersemangat ingin terus mencobanya.

Awal memegang gunting, dia bahkan belum bisa menggerakkan pegangannya hingga mulut gunting terbuka. Saya kemudian memperbanyak latihan otot tangannya dengan bermain jepit baju, pinset, dan sejenisnya.

Semakin lama, keahlian Nara menggunting semakin berkembang. Dari yang harus diawasi dengan hati deg-degan hingga bisa dengan tenang ditemani di dekatnya sambil berkegiatan.

Nara sudah bisa menggunting dengan aman: tidak ke arah tangan atau anggota tubuh lain, berjarak dengan tangan yang memegang.

Mulai dari menggunting dengan potongan besar-besar sampai bisa menghasilkan potongan kecil juga mengikuti berbagai bentuk; garis lurus, lingkaran, persegi empat, persegi panjang, segitiga, dan sebagainya.

Nara juga suka meminta media lain untuk dipotong selain kertas. Karton, plastik, busa, kardus, dan saat saya lengah, bajunya sendiri juga rambut adiknya. Yang terakhir ini sungguh tidak aman sih. Saya belajar untuk lebih awas, Nara juga belajar untuk tidak menggunting selain yang disepakati.

19-03-30-23-36-27-654_deco

Untuk tantangan hari pertama ini, kembali Nara minta menggunting. Kali ini pilihannya jatuh pada kertas F4 yang memang saya sediakan untuk kegiatan menjurnal.

Dengan wajah ceria Nara menggunting dengan tekun. Potongan kecil-kecil diikuti potongan besar yang dihasilkannya lantas dimasukkan dalam mangkuk untuk kemudian ditempel di atas gambar yang dia minta saya buatkan di kertas lain. Kali ini dia minta gambar rumah, mungkin karena baru-baru ini sedang suka dibacakan buku “Architecture for Babies“.

Tampaknya saya perlu menemukan proyek yang menggunakan kegiatan menggunting ini dengan lebih luas dan bervariasi.

Click to Share

Leave a Reply