[Bunda Sayang] Game Level 7: Tantangan 10 Hari Semua Anak adalah Bintang – Hari Kesepuluh

  • CevherShare

Journaling atau menjurnal masih merpakan kegiatan yang saya usahakan untuk rutin dilakukan oleh Nara dan Kyna.

Kegiatan ini, selain baik untuk melatih otot tangan, koordinasi mata dan tangan, mendorong anak mengembangkan kemampuan alaminya dalam menggenggam dan membuat coretan sesuai usianya, juga melatih anak mengekspresikan dirinya. Mengeluarkan pikiran dan perasaannya di atas kertas. Saya sendiri sedang menggiatkan kembali rutinitas menulis jurnal harian untuk saya pribadi.

Nara dan Kyna tidak selalu mau menjurnal. Berdasarkan pengamatan saya, seringnya sih karena saya tidak ikut menemani. Hari ini saya duduk bersama mereka dan mengamati. Mereka pun sibuk menceritakan gambarnya sambil menggambar (biasanya kalau sudah selesai baru laporan).

19-04-08-20-25-53-417_deco

Gambar Nara sudah berkembang menjadi pola-pola lingkaran terpisah. Saya lupa ini sampai tahap perkembangan yang mana, tapi yang jelas berbeda dari lingkaran sambung di gambar-gambar dia sebelumnya. Nara juga sedang suka menggunakan satu warna saja untuk gambarnya. Hari ini dia menggambar paus, ayam, geledek dan kandangnya juga kepompong berisi buaya terbang. Iya, imajinasinya memang suka random begitu.

Kyna masih berbentuk coretan acak. Dan hampir selalu gambarnya adalah ikan paus 😆 Hari ini ada tambahan gambar ayam. Lumayan lah ada variasinya. Gambarnya juga sudah lebih banyak memenuhi kertas setelah sebelumnya lebih sering hanya di bagian tengah.

Ini bukan kegiatan yang diminta oleh Nara dan Kyna. Tapi jika sedang ingin mereka cukup menikmatinya.

Click to Share

Leave a Reply