[Bunda Sayang] Game Level 6: Tantangan 10 Hari Menstimulus Matematika Logis – Aliran Rasa

  • CevherShare

Kalau mendengar kata matematika, yang terbayang di benak saya adaah deretan angka dan rumus yang harus diingat dan dipecahkan. Matematika hanya sebatas soal-soal di atas kertas yang kadang membingungkan pada masa sekolah dulu.

Materi level 6 beserta tantangannya mengingatkan saya betapa matematika itu ada di sekitar kita. Matematika ditemukan sebagai alat untuk membantu kita memahami hingga memanfaatkan fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Bahwa deretan angka dan rumus-rumus itu bukanlah tanpa makna, bukan sekadar harus dihapal agar mendapat nilai bagus dalam ujian.

Mengenalkan dan menstimulasi anak pada matematika logis mengakrabkan matematika dengan diri mereka, sekaligus mengasah kemampuan mereka untuk berikir logis, kritis, sistematis, menemukan solusi dari berbagai masalah dengan lebih baik.

Dalam perjalanan mengerjakan tantangan ini, saya jadi turut menyadari apa-apa saja yang ada di sekitar kita yang sesungguhnya termasuk dalam matematika logis. Walaupun keterbatasan pengetahuan saya mungkin membuat stimulasi menjadi kurang maksimal atau bervariasi.

Namun saya menemukan dari satu subjek saja, misalnya pola atau kasifikasi, banyak sekali hal yang bisa kita kenalkan pada anak, yang juga sungguh dekat dengan kegiatan sehari-hari.

Misalnya meletakkan mainan dan pakaian sesuai kategorinya, membedakan antara pakaian Ayah, Mama, Kakak, dan Adik, membentuk rutinitas, dan sebagainya, yang sebelumnya tidak terlihat sebagai bagian dari matematika logis.

Saya juga semakin mengerti betapa satu ilmu berkaitan dengan ilmu-ilmu lain, terutama dalam penerapannya, dan sebuah pengetahuan atau keahlian bisa berpengaruh pada banyak aspek kehidupan, di luar bidangnya sendiri.

Click to Share

Leave a Reply