[Bunda Sayang] Game Level 5: Tantangan 10 Hari Menstimulasi Anak Suka Membaca – Hari Pertama

  • CevherShare

Untuk tantangan level 5, ada beberapa hal yang perlu dilakukan:

1. Menjadwalkan family reading time.
2. Membuat reading tracker untuk masing-masing anggota keluarga, berisi daftar buku yang akan dibaca.
3. Membuat pohon literasi untuk masing-masing anggota keluarga, rimbunkan dengan judul buku yang telah dibaca.
4. Diskusikan dengan anggota keluarga tentang buku yang telah dibaca, gunakan untuk menambah pengetahuan dan merekatkan hubungan dengan anggota keluarga lainnya.

Mengapa orang tua juga harus terlibat dalam kegiatan membaca ini?

Karena, terlepas dari manfaatnya untuk diri sendiri, untuk menghasilkan anak yang suka membaca, teladan orang tua adalah salah satu pengaruh yang kuat. Paling tidak semangat membaca buku, kebiasaan membaca dan berdiskusi, akan membentuk atmosfer pentingnya ilmu juga belajar sepanjang hayat dalam keluarga.

Ini juga sejalan dengan niat saya menggiatkan kembali kebiasaan membaca untuk diri sendiri.

Saya pernah membuat daftar buku yang telah saya baca dalam setahun. Diawali dari tahun 2013, berlanjut ke tahun 2014, dan 2015. Jumlah buku yang saya baca setiap tahunnya semakin menurun. Puncaknya pada tahun 2015 di mana daftarya terhenti pada bulan Mei. Sejak itu, saya berhenti membuat daftar semacam itu.

Hingga kemudian saya mengikuti sebuah kelas yang salah satu tugasnya adalah membangun kebiasaan membaca. Saya pun kembali membuat daftar buku yang sudah dibaca selama tahun 2018. Sayangnya, daftar yang dimulai pada bulan April itu ternyata hanya bertahan hingga bulan Agustus dengan total buku yang dibaca sejumlah 9 buku xD

Lalu sekarang sudah masuk tahun baru lagi deh. 2019. Semoga tantangan game level 5 dari Kelas Bunda Sayang ini bisa kembali menjadi pendorong awal bagi tumbuhnya semangat membaca setiap hari yang bertahan sepanjang usia yaa.. Aamiin YRA.

Untuk hari pertama ini, saya belum sempat membuat reading tracker maupun pohon literasi. Tapi, kegiatan membacakan buku sudah dimulai. Kegiatan ini memang sudah menjadi kegiatan rutin di rumah kami sih, cuma waktunya masih belum menentu, tergantung permintaan saja. Melalui tantangan ini, rencananya akan dibuat lebih tertata deh.

Sejauh ini, buku yang sudah dibacakan untuk Nara baru satu: “Seri Halo Balita: Aku Bisa Membuang Sampah Sendiri”, sementara Kyna, selain buku yang sama tersebut, juga dibacakan “Seri Halo Balita: Aku Berani Pergi ke Dokter”.

Saya sendiri sudah menyiapkan buku yang hendak dibaca pertama kali. Sementara untuk suami saya? Nah, ini jadi PR tersendiri nih :)) Kita lihat perkembangannya di hari-hari selanjutnya deh ya.

Click to Share

Leave a Reply