[Bunda Sayang] Game Level 4: Tantangan 10 Hari Memahami Gaya Belajar Anak – Hari Pertama

  • CevherShare

Habis baca materi level 4, ngikutin diskusinya, terus langsung membayangkan, kira-kira saya dan anak-anak gaya belajarnya cenderung ke yang mana ya…

Terus bingung, gimana cara mengamatinya ya, hehehe..

Menurut hasil diskusi, gaya belajar anak biasanya terlihat pada usia 6-7 tahun. Sebelum itu, masih bisa berubah-ubah. Kadang lebih visual, kadang auditori atau kinestetik, bisa juga kombinasi dari ketiganya.

Gaya Belajar Anak 301118

Sepertinya saya akan berpatokan pada ciri-ciri di atas. Sementara untuk kegiatannya saya mungkin akan banyak melihat contoh dari teman-teman sesama peserta Kelas Bunda Sayang, baik dari batch ini mapun batch sebelumnya.

Untuk tantangan kali ini, saya kembali memilih Nara, anak sulung saya yang berusia 3 tahun, karena usianya lebih besar jadi semoga juga lebih mudah mengamatinya 😀

Sejauh ingatan saya, Nara sepertinya cenderung lebih visual, sama seperti saya. Fokusnya sangat baik sejak berusia sangat kecil. Dia bisa bertahan menyimak saat dibacakan sebuah buku yang cukup panjang untuk usianya, sambil melihat gambar di bukunya. Nara bahkan hapal isi buku tersebut, hingga menangis saat salah dibacakan. Saat itu dia baru berusia 7 bulan.

Nara juga mengingat warna-warna tanpa saya ajarkan secara khusus. Dia dengan mudah mengelompokkan warna dan bentuk. Dia juga tidak mudah terganggu oleh suara berisik. Bahkan saat masih bayi, dia bisa terus tidur walau ada keramaian di sekitarnya. Nara juga menikmati musik, suka menyanyi dan mampu menghapal lirik dengan cepat.

Saya sesungguhnya baru menyadari semua itu setelah melihat perkembangan Kyna, anak kedua saya. Kyna lebih mudah teralih saat dibacakan buku. Baru di atas usia setahun dia mulai mau menyimak buku-buku dengan sedikit tulisan. Hingga usianya menjelang dua tahun, Kyna belum juga mengenal warna atau bentuk. Kyna juga suka mendengar musik, menyanyi dan menari. Namun dia belum bisa menyanyikan satu lagu utuh, di mana di usia lebih muda, Nara bisa melakukannya.

Di sisi lain, Kyna lebih kuat motorik kasarnya. Saat berusia beberapa minggu, Kyna sudah bisa memiringkan tubuh bahkan ada saat dia membalikkan badan dari tengkurap menjadi terlentang saat tidur. Pada usia 2 bulan, Kyna sudah bisa mengangkat kepala tinggi-tinggi dengan mudah. Sesuatu yang susah payah dilakukan Nara saat dia sudah berusia di atas 3 bulan. Kyna juga lebih aktif bergerak dan lebih cepat bisa berjalan. Melompat, memanjat, bergantungan, menjaga keseimbangan, adalah hal yang mudah baginya.

Kembali ke Nara. Untuk tantangan hari pertama ini, saya mengajaknya bermain menemukan huruf. Saya menulis beberapa huruf di atas kertas kemudian meminta Nara mencari huruf yang sama dengan yang tertera di kartu yang saya berikan.

GL 4 D1 - 301118

Nara memang mulai tertarik dengan huruf, jadi dia bersemangat melakukan permainan ini. Tidak ada kesulitan berarti saat mencari huruf yang sama dengan yang di kartu. Sejauh ini, dia paling ingat huruf “i”.

Nara lebih mengingat bentuk, daripada nama huruf yang saya ucapkan. Untuk hari pertama, kecenderungan visual lebih terlihat.

Click to Share

Leave a Reply