[Bunda Sayang] Game Level 4: Tantangan 10 Hari Memahami Gaya Belajar Anak – Aliran Rasa

  • CevherShare

Game level 4 ini mengingatkan kembali betapa manusia, mulai bayi hingga dewasa, berbeda-beda, termasuk dalam hal gaya belajar.

Perbedaan ini jika tidak kita sadari, dapat berujung pada penyamarataan atau pembandingan yang tidak adil antara satu manusia dengan manusia lainnya, satu anak dengan anak lainnya.

Sangat penting bagi kita untuk mengenali setiap anak dengan utuh, lengkap dengan potensi dan kecenderungannya masing-masing. Temperamen bawaan, tahap perkembangan, minat, ketertarikan, tipe kecerdasan, hingga cara yang paling efektif baginya dalam menangkap dan menyerap sesuatu.

Dengan demikian, keunikan tiap anak dapat diterima dengan sebaik-baiknya, potensinya terkembangkan dengan maksimal. Anak dapat belajar, bereksplorasi, berkarya, dan berkontribusi dengan penuh rasa percaya diri dan kebahagiaan. Tanpa berusaha jadi orang lain atau rendah diri karena sibuk membandingkan, menilai diri semata dari kekurangan.

Tantangan kelas Bunda Sayang kali ini membantu saya melihat kembali anak-anak saya lebih dekat. Menyadari sejak dini betapa mereka bisa jadi memiliki cara-cara yang berbeda, dan karenanya saya sebagai orang tua yang harus menyesuaikan. Bukan memaksakan cara-cara saya, apalagi hingga merendahkan anak-anak saya atas perbedaan mereka.

Click to Share

Leave a Reply