[Bunda Sayang] Game Level 2: Tantangan 10 Hari Melatih Kemandirian Anak – Hari Kelima

  • CevherShare

Saat saya sedang bersiap shalat Subuh tadi, Nara terbangun. Dia menangis karena katanya mau BAB dan sudah tidak tahan. Mendengar itu dan mepihat kondisinya yang masih mengantuk, akhirnya saya membantunya membuka celana dan mengangkatnya ke atas WC.

Tapi ternyata, setelahnya Nara tetap melakukan tahap seperti biasa: Cebok (dengan bantuan saya untuk bagian belakang), cuci tangan, dan menutup pintu. Dia bahkan tidak keberatan mengenakan celana sendiri, tanpa menolak atau mengeluh juga tidak menunda-nunda.

Dia juga tidak protes saat saya mengatakan mau shalat dulu bersama kakek neneknya. Bahkan dia ikut shalat berjamaah di samping saya dari awal hingga selesai. Walau tidak pakai mukena sih.

Setelahnya, saya berusaha menahan diri untuk tidak banyak mengingatkan. Saya biarkan saja saat Nara lupa memasukkan kursi atau lua menaruh kembali Dory sebelum mencuci tangannya. Ternyata dia kembali dan mepakukan yang terlupa. Hanya saat lupa mengeluarkan kursi dan menutup pintu saya masih mengingatkan dengan pertanyaan “Ada yang ketinggalan nggak ya?” atau “Temannya lupa dipulangkan nih.” Saat dia tidak bisa menjawab pertanyaan saya.

Bukan cuma Nara yang belajar mandiri, Mama juga belajar melepaskan ya, Kak :’)

Click to Share

Leave a Reply