[Bunda Sayang] Game Level 2: Tantangan 10 Hari Melatih Kemandirian Anak – Hari Keempatbelas

  • CevherShare

Setelah saya lebih santai, tidak ada target apapun selain membiarkan Nara menikmati mandi sendiri sebisanya, hasilnya ternyata malah lebih baik.

Saat saya tawarkan apa Nara mau membuka baju sendiri (yang kebetulan berkancing!), dia mau. Dan berhasil membuka hampir semua kancingnya. Walau sempat mengeluh susah dan tidak bisa di tengah jalan, tapi setelah saya semangati juga yakinkan bahwa dia bisa, Nara bersedia melanjutkan hingga kancing terakhir, di mana dia akhirnya meminta pertolongan saya.

Saya tidak banyak berkomentar kali ini. Jika sebelumnya saat dia terlihat tidak bisa saya langsung mengajarinya kembali, kadang mungkin sambil sedikit tidak sabar, kali ini saya membiarkan saja dia meneruskan sambil sesekali menyemangati.

Setelah itu, Nara melanjutkan dengan mandi sendiri. Saya masih membantu untuk bagian punggung dan kaki bagian bawah. Dia menjalaninya dengan senang, saya juga senang.

Hari ini Nara dan Kyna juga belajar mengupas bawang merah, yang kemudian ditumis untuk membuat mie goreng untuk sarapan pagi mereka. Nara juga ikut mengaduk bahan-bahan di dalam wajan.

Menjadi orangtua memang media pembelajaran yang luar biasa ya. Sarana bertumbuh menjadi diri yang lebih baik, seiring dengan usaha kita menumbuhkan anak-anak kita menjadi manusia-manusia yang baik.

Click to Share

Leave a Reply