[Bunda Sayang] Game Level 2: Tantangan 10 Hari Melatih Kemandirian Anak – Hari Keduabelas

  • CevherShare

Nara menunda-nunda memakai pakaian sepanjang hari -_-

Baik setelah mandi pagi dan sore, saat ganti baju karena basah, tiap memakai celana setelah buang air, hingga tadi saat berganti pakaian karena mau tidur pun, dia lebih memilih berkeliaran tanpa pakaian dan menolak mendengarkan permintaan saya untuk memakai pakaiannya.

Nara juga jadi banyak mengeluh setiap kali harus membuka pakaian atau melakukan sesuatu.

Kadang saya meminta dengan sabar. Beberapa kali saya akhirnya membantu sebagian prosesnya. Tapi adakalanya saya akhirnya marah-marah.

Menyadari itu sama sekali tidak efektif dan malah membuat Nara semakin menjadi. Saya akhirnya menarik napas, lalu mencoba memahaminya. Saya bertanya pada Nara, apakah dia kesal pada saya? Dia bilang iya. Tapi belum berhasil menjelaskan kenapa ataupun bagaimana kami dapat mengatasinya.

Saya merasa ada sesuatu yang salah dengan cara saya menjalani hari bersamanya hari ini. Bukan hanya hari ini, mungkin sudah dari sebelumnya. Barangkali saya terlalu terburu-buru, lantas memburu-buru Nara. Terlalu cepat berkata tidak atas permintaan-permintaannya, kurang mendengarkan atau memerhatikan dia, kurang menghormatinya sebagai manusia. Mungkin.

Yang jelas, latihan kemandirian tidak bisa dilakukan dengan maksimal hari ini.

Semoga besok bisa lebih baik.

Click to Share

Leave a Reply