[Bunda Sayang] Game Level 12: Keluarga Multimedia – Hari Pertama

  • CevherShare

Saya pernah menulis tentang penggunaan beberapa aplikasi di hp untuk membantu saya mengatur waktu dan membangun kebiasaan baru, terkait proses belajar saya di kelas lain.

Sebagian aplikasi tersebut saya sukai dan sungguh memudahkan saya dalam mengelola diri. Namun saya masih belum menemukan aplikasi “to do list” yang cocok. Aplikasi yang telah saya install membingungkan bagi saya, kurang memenuhi kebituhan dan keinginan, sehingga akhirnyabtidak terpakai.

Saat tantangan level ini diberikan, yang pertama terpikir oleh saya adalah aplikasi untuk mengelola tugas-tugas ini. Apalagi belakangan ini rasanya semakin banyak hal yang perlu saya selesaikan. Saya yang pelupa dan masih suka menunda jadi keteteran. Kok, makin lama jadi makin banyak utangnya yaa…

Ok. Setelah kembali mencari-cari, melihat deskripsi dan review beberapa aplikasi di google play, pilihan jatuh pada aplikasi “For Any List” (FAL)/To-do List [10 mb – 4,6 ⭐]

Reviewnya? Sejauh ini saya suka! Bahkan sepertinya saya akan terus menggunakan aplikasi ini.

PhotoGrid_1567676722371

Tampilannya cukup sederhana, mudah dipahami. FAL juga menyertakan panduan singkat di bagian awal kalau dirasa perlu.

Tekan garis di bagian kiri atas untuk membuka menu guna memilih tema dengan warna berbeda sesuai selera, pengaturan, back up, archive, dan sebagainya. Sementara di bagian home screen kita bisa langsung memasukan tugas yang ingin kita kerjakan.

Bagian serunya, kita bisa membuat folder untik mengelompokkan tugas. Misalnya, tugas kelas BunSay, jualan online, kegiatan bersama anak, atau apa saja sesuai kebutuhan kita, seperti bisa dilihat pada gambar. Kita juga bisa membuat folder di dalam folder. Ini cocok sih, untuk saya yang sukanya mengelompok-ngelompokkan 😅

Kita juga bisa mengubah warna tiap judul folder atau tugas, bisa menentukan jenis tugas apakah check list, shopping list, ranking list (dengan urutan angka), calculation list (dengan penghitungan harga), atau kombinasi di antaranya.

Saat sudah mengerjakan sebuah tugas, kita bisa mencentang check boxes juga menambahkan strike trough jika ingin. Saya sih suka, untuk menambahkan kesan tercoret sehingga si tugas hilang dari pikiran saya 😂

Setiap tugas juga bisa kita jadwalkan untuk dikerjakan kapan, dan bisa dimasukkan di list today sehingga kita tinggal tap menu Today di home screen untuk melihat apa saja yang oerlu kita lakukan hari itu. Kita bisa membuat jadwal untuk tugas sekali saja, tugas harian, per dua hari, minggu, bulan, sesuka kita. Jadi tampaknya ini bisa juga digunakan untuk mencatat kebiasaan yang sedang dibangun. Tapi saya belum sempat mencobanya karena butuh lebih dari sehari untuk melihat bagaimana catatannya muncul.

Keseluruhan jadwal bisa kita lihat di scheduled notes. Kita juga bisa memasukkannya di kalender hp dan memasang pengingat untuk mengerjakan suatu tugas.

Untuk versi gratisnya, ada keterbatasan dalam jumlah folder yang bisa dibuat. Tapi sejauh ini masih cukup untuk saya.

Click to Share

Leave a Reply