[Bunda Sayang] Game Level 12: Keluarga Multimedia – Hari Kedelapan

  • CevherShare

Denger tentang teknik Podomoro dan aplikasinya di suatu kelas belajar online. Lupa aplikasinya yang mana, tapi tadi ketemu yang ini dan reviewnya cukup bagus: “Focus To-Do: Podomoro Timer & To Do List” [22 MB – 4.7 ⭐]

PhotoGrid_1569070105827

Teknik Podomoro sendiri merupakan sistem manajemen waktu yang ditemukan oleh Francesco Cirillo, yang membantu kita untuk fokus mengalokasikan waktu untuk mengerjakan tugas tertentu. Waktu fokus ini dipecah menjadi 25 menit (podomoro) diikuti istirahat selama lima menit, lalu dilanjutkan lagi seperti tadi sebanyak tiga kali. Setelah empat podomoro, kita bisa.mengambil jeda istirahat yang lebih lama, sekitar 15-20 menit.

Teorinya, dengan menggunakan teknik ini, kita akan terhindar dari kebiasaan menunda penyelesaian suatu tugas, karena diharuskan fokus selama 25 menit tadi. Kita juga terhindar dari rasa jenuh karena ada jeda istirahat per 25 menit, namun dibatasi lima menit saja, jadi nggak jadi kepanjangan istirahatnya daripada kerjanya, seperti yang saya lakukan selama ini 🙈

Aplikasi ini membantu kita untuk mengeset waktu sesuai interval dan jeda tadi. Kita bisa membuat daftar hal-hal yang ingin kita selesaikan lalu mulai menyelesaikannya dengan teknik podomoro ini.

Saya sendiri mengerjakan tantangan ini sambil menyalakan aplikasinya. Sejauh ini sih terlihat cukup efektif. Satu hari lagi selesai tanpa banyak distraksi. Yay!

Click to Share

Leave a Reply