[Bunda Sayang] Game Level 11: Fitrah Seksualitas – Hari Pertama

  • CevherShare

Presentasi pertama dari Peer Group 1 (PG 1) bertema “Pemahaman Perbedaan Gender”. Kelompok ini membagi presentasinya ke dalam 5 sub-tema: Definisi Gender; Gender vs Sex; Gender Menurut Pandangan Islam; Fitrah Lelaki dan Perempuan; Efek Gender dengan Perkembangan Anak.

PG 1 berhasil membagi tugas dengan baik juga terlihat kompak saat mempresentasikan materi serta menjawab pertanyaan peserta lain.

Materi disusun rapi, disampaikan dengan jelas, anggota PG 1 kelihatan menguasai materinya.

Diskusi pun berlangsung seru, hingga waktu dua jam rasanya begitu cepat berlalu. Ini tercermin dari reaksi teman-teman, karena saya ketinggalan diskusi dan baru memanjat setelahnya 🙈

Dari presentasi dan diskusi tersebut, saya menangkap bahwa:
1. Sex berkaitan dengan ciri biologis laki-laki dan perempuan, sementara gender lebih kepada sikap atau ekspresi yang biasa dikenal sebagai feminitas dan maskulinitas.

2. Dalam Islam perbedaan gender yang melekat pada jenis kelamin masing-masing ini berkaitan dengan perbedaan kodrat dan syariat. Selain memiliki kewajiban yang sama sebagai manusia, untuk beribadah kepada Allah, laki-laki dan perempuan memiliki bagian serta tugas masing-masing yang membutuhkan sifat yang sesuai dengan perannya itu.

3. Laki-laki dan perempuan diciptakan berbeda untuk saling melengkapi dan bersinergi bukan berkompetisi.

4. Kehadiran dan peran kedua orang tua dalam tiap tahap perkembangan anak sangat diperlukan agar anak mendapat porsi maskulinitas dan feminitas yang tepat sesuai jenis kelaminnya.

Jadi nggak sabar mengikuti presentasi berikutnya.

Click to Share

Leave a Reply