[Bunda Sayang] Game Level 11: Fitrah Seksualitas – Hari Kesepuluh

  • CevherShare

Beda kelompok beda lagi caranya. Kalau PG 8 mengawali dengan berbagi video, PG 9 memberikan link gform untuk peserta curah pendapat berkaitan dengan tema yang akan mereka bahas: “Peran Lingkungan dan Perlindungan dari Kejahatan Seksual”.

Materi berbentuk pdf disajikan dengan dominasi warna merah putih, tampaknya menyesuaikan dengan waktu presentasi yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Diskusi berjalan hangat, walau tidak seramai sebelumnya. Mungkin ini karena tema yang dibahas sudah banyak disinggung pula pada presentasi sebelumnya.

PG 9 juga menyertakan video yang diambil dari youtube mengenai penanganan kejahatan seksual di India yang ditayangkan dalam bentuk kartun. Video ini menekankan pada edukasi untuk anak-anak untuk mencegah terjadinya kejahatan seksual pada mereka, apa yang bisa dilakukan saat dan jika sudah terjadi. Korban juga tidak perlu merasa bersalah atau malu, pelaku lah yang seharusnya merasakan semua itu. Hal senada juga disampaikan oleh PG 9 dalam materi presentasinya.

Di akhir diskusi, PG 9 memberikan sertifikat untuk tiga peserta terpilih dari peserta yang telah mengisi gform yang tadi mereka bagikan. Tak disangka saya menjadi salah satunya.

IMG-20190817-WA0132

Bagus ya sertifikatnya 😁

Menyimak presentasi dan diskusi PG 9 hari ini, saya menyadari bahwa diperlukan peran orang tua, masyarakat, hingga negara untuk bisa terlindung dari kejahatan seksual. Mulai dari edukasi, kemauan dan kesadaran untuk saling mengingatkan, kepedulian untuk membantu dan mendampingi korban, sampai pembuatan undang-undang dan jalur pelaporan serta konsultasi yang mudah diakses.

Pemahaman dan kerja sama yang baik diperlukan untuk dapat terhindar dari kekahatan seksual yang mengintai.

Click to Share

Leave a Reply