[Bunda Sayang] Game Level 11: Fitrah Seksualitas – Hari Keduabelas

  • CevherShare

Tidak terasa tiba juga pada presentasi oleh PG terakhir, PG 10. Temanya terbilang ringan dibanding matrri sebelumnya namun cukup menggelitik: “Ketika Anak Bertanya (FAQ yang biasa diajukan anak mengenai seksualitas, dan cara menjawabnya).”

Awalnya, tidak ada materi yang dibagikan, PG 10 hanya memberikan video berisi contoh pertanyaan dan reaksi kurang tepat dari orang tua yang malah menimbulkan masalah di kemudian hari.

PG 10 kemudian mengajak peserta menyumbang pertanyaan yang pernah ditanyakan oleh anak masing-masing untuk didiskusikan bersama jawabannya. PG 10 juga mengeluarkan satu per satu pertanyaan yang kiranya sering ditanyakan oleh anak dan mengajak peserta mencoba menjawab sebelum mereka memberikan jawabannya di akhir diskusi.

Seperti biasa diskusi berjalan seru, hanya kali ini lebih banyak tawa daripada resah.

Pertanyaan dari anak, baik mengenai seksualitas maupun yang lainnya, perlu direspon dengan tepat. Disambut baik tanpa reaksi berlebihan, dijawab dengan tenang sesuai tahapan usia dan pemahaman. Pastikan dulu maksud pertanyaannya, baru beri jawaban yang sesuai, singkat dan jelas. Jika orang tua belum tahu jawabannya, bisa dicari bersama anak agar rasa ingin tahunya tuntas dari sumber terpercaya. Beri jawaban yang jujur, sesuai fakta, tidak menyesatkan. Demikian beberapa hal yang bisa saya simpulkan dari diskusi.

Di akhir diskusi, PG 10 baru memberikan tautan materi. Iya, berupa tautan, yang jika diklik akan tersambung ke materi berbentuk buku, hingga per halamannya bisa seakan dibalik. Isinya juga lengkap, mulai sebab dan usia anak mulai bertanya, cara menanggapi dan menjawabnya, contoh-contoh pertanyaan anak dan contoh jawaban yang bisa digunakan, hingga tujuan pendidikan seks sejak dini. Keren.

Click to Share

Leave a Reply