[Bunda Sayang] Game Level 10: Membangun Karakter Anak Lewat Dongeng – Hari Pertama

  • CevherShare

Bercerita sesungguhnya adalah salah satu kegiatan favorit Nara dan Kyna. Selain membacakan buku, mereka suka meminta saya untuk bercerita.

Biasanya, saya menanyakan kepada mereka mau cerita apa, terutama kalau saya sedang tidak punya ide. Mereka akan menyebutkan nama binatang atau kisah yang diinginkan, tugas saya untuk menyusun ceritanya.

Kadang saya yang menentukan ceritanya dari awal. Saya juga suka memanfaatkan kegiatan ini untuk menyisipkan pesan-pesan terkait kebiasaan baik atau hal baik yang ingin saya tumbuhkan dari mereka.

Seperti kali ini. Kyna suka duduk di atas meja. Saya selalu mengingatkannya setiap kali. Kadang dia mau mendengar, kadang tetap tidak mau turun dari meja.

Saya pun bercerita tentang Riri, anak perempuan yang suka duduk sembarangan. Riri duduk di atas meja, lemari, tengah jalan. Selain mengganggu, tidak sopan, juga tidak aman. Riri dalam cerita merasakan akibat dari duduknya yang di sembarang tempat itu. Dia pun akhirnya berusaha untuk duduk pada tempatnya.

Seringnya tidak cukup satu kali cerita, perlu beberapa kali pengulangan baru suatu pesan bisa melekat dalam hati dan pikiran mereka.

Paling tidak, setiap cerita menjadi bagian dari kenangan mereka. Semoga memperkuat ikatan dan menceriakan hari-hari kami.

Click to Share

Leave a Reply