[Bunda Sayang] Game Level 10: Membangun Karakter Anak Lewat Dongeng – Hari Kesepuluh

  • CevherShare

Sudah lama saya ingin kembali menyusun jadwal bersama anak-anak. Ini berkaitan dengan disiplin, rutinitas, keteraturan, yang kata para ahli dibutuhkan oleh anak-anak dalam hidupnya. Dengan rutinitas yang jelas dan terpola, akan mengurangi kebingungan anak akan perubahan cepat yang sulit dia ikuti. Sehingga, anak akan lebih tenang menjalani hari-hari karena dia tahu persis apa yang akan terjadi dalam harinya. Paling tidak untuk kegiatan pokoknya. Jadwal jadi semacam pijakan untuk menjalani hari.

Saya pun sudah merasakan betapa mereka jadi lebih mudah “ditangani” saat jadwal sudah berjalan baik dan konsisten. Tentunya disertai dengan pijakan-pijakan tambahan berupa penyebutan kegiatan setiap pagi sebelum memulai hari atau tiap malam untuk menyambut hari berikutnya.

Akhirnya, tadi kami kembali membuat jadwal dalamm bentuk sambil bercerita. Saya sebisa mungkin melibatkan mereka dalam proses penggambaran jadwal ini dengan bertanya kegiatan apa yang biasa atau baiknya kami lakukan mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur.

19-07-22-15-57-44-331_deco

Saya membagi hari menjadi tiga: pagi, siang, dan malam hari untuk mempermudah mereka mengingat jadwalnya.

Penggambaran jadwal berlangsung seru. Mereka senang melihat diri mereka berkegiatan dan antusias menunggu seluruh gambar diselesaikan, karena beberapa kali diinterupsi oleh tangisan adik bungsu yang mau menyusu.

Mudah-mudahan kami (terutama saya) bisa konsisten menjalani jadwalnya ya 😁

Click to Share

Leave a Reply