[Bunda Sayang] Game Level 10: Membangun Karakter Anak Lewat Dongeng – Aliran Rasa

  • CevherShare

Mendongeng, bercerita, bukanlah hal yang baru dalam keseharian keluarga kami.

Selain membacakan buku, saya terbiasa bercerita pada anak-anak. Tentang apa saja. Anak-anak kerap menentukan tokoh atau awal ceritanya, selebihnya saya yang mengarang bebas.

Dalam tantangan kali ini, kegiatan mendongeng jadi sesuatu yang dilakukan dengan lebih sadar, bertema, bertujuan. Walau menurut saya pribadi, karena ini adalah kegiatan yang sudah biasa kami lakukan, saya seharusnya bisa menaikkan levelnya. Dengan menambahkan media atau perlengkapan yang lebih seru misalnya.

Saya pada akhirnya hanya menambahkan media gambar saat mendongeng. Anak-anak ternyata menyukai hal itu. Mereka kembali meminta saya untuk bercerita sambil.menggambar di hari-hari selanjutnya.

Hal yang berkesan justru saat membaca laporan dari tantangan teman-teman kelas BunSay. Terharu rasanya membaca dan menyimak satu persatu tulisan juga rekaman suara yang mereka buat. Hati menjadi hangat merasakan kasih sayang para ibu ini dalam usaha menyampaikan nilai-nilai baik kepada anak-anaknya.

Respon beberapa anak, baik yang tertulis maupun saya dengar langsung dari rekaman membuat saya tersenyum.

Betapa polos dan murninya. Betapa dongeng yang dikisahkan oleh ibunya mampu menanamkan berbagai hal dalam pikiran kecilnya.

Rasanya saya jadi semakin yakin, kalau banyak orang tua mau rutin berkisah pada anaknya, akan lahir generasi penerus yang dekat hatinya dengan orang tuanya, hangat, kritis, juga kreatif. Insya Allah.

Click to Share

Leave a Reply